Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Pendidikan

Seperti Apa Tanggung Jawab Seorang Ilmuwan Muslim! Begini Penjelasan menurut Al-Quran

228
×

Seperti Apa Tanggung Jawab Seorang Ilmuwan Muslim! Begini Penjelasan menurut Al-Quran

Sebarkan artikel ini
tanggung-jawab-seorang-ilmuwan-muslim
Untuk memahami konsep keilmuan, para ilmuwan juga harus bertanggung jawab atas apa yang dipelajari dan disebarluaskan terlebih tuntunan orang muslim I MMP I dok
mediamerahputih.id – Tanggung jawab seorang ilmuwan Muslim adalah untuk menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka untuk menjaga keselarasan antara ilmu pengetahuan dan agama Islam, serta berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan umat manusia.

Maka seorang muslim dalam ilmuan dituntut untuk berfikir logis agar dapat mengamati gejala-gejala konkrit yang ada di masyarakat. Selain memahami konsep keilmuan, para ilmuwan juga harus bertanggung jawab atas apa yang dipelajari dan disebarluaskan terlebih tuntunan orang muslim.

Baca juga:

Seperti Apa Budaya Etika seorang Muslim? Begini menurut Dalil Al-Quran

Untuk dapat mengulas bahasan materi mengenai Tanggung Jawab Seorang Ilmuwan Muslim bila mengutip berdasarkan sumber Buku Materi Pokok (BMP) Pendidikan Ilmu Agama Islam di jenjang perguruan tinggi dalam Al-Quran Surat An Nahl ayat 125. Allah SWT berfirman yang artinya, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk

tanggung-jawab-seorang-ilmuwan-muslim

Seorang Ilmuwan muslim selalu mengintegrasikan prinsip-prinsip agama Islam dalam proses penelitian dan pengembangan ilmiah serta Mengembangkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan agama Islam secara kritis dan objektif I MMP I ilustrasi I ist

Selian itu, bentuk Tanggung jawab dari seorang muslim yakni menjaga kualitas amal, bekerja tepat waktu dan tidak merugikan orang lain, hal tersebut  terdapat dalam (QS. Al-Israa’ ayat 13-14), (QS. Al-Baqarah ayat 202), (QS. An-Nisaa’ ayat 32), (QS. An-Nisaa’ ayat 111-112) dan (QS. Yaa siin ayat 65).

Baca juga:

Bahasan Kontribusi Madzhab Ilmu Hukum dalam Membentuk Kebijakan Hukum dan Sistem Hukum dalam suatu Negara?

Adapaun ilmuan islam dalam sejarah mencatat banyak ilmuwan muslim yang penemuannya membawa maslahat bagi masyarakat. Dari bidang kedokteran hingga astronomi, mereka para  cendekiawan Muslim yang tersohor di seluruh dunia.

  1. Ibnu Sina

Abu Ali bin Sina atau yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Sina merupakan seorang cendekiawan Muslim paling tersohor di bidang kedokteran. Ilmuwan yang berasal dari Persia itu telah banyak menciptakan alat-alat medis untuk beberapa penyakit.

Namun, karya Sina yang paling terkenal adalah ‘Al-Qanun fil-Tibb’, sebuah ensiklopedia medis yang menggabungkan pengetahuan medis dari berbagai budaya dan peradaban sebelumnya.

  1. Al Battani

Al-Battani Beliau merupakan ilmuwan Muslim di bidang astronomi. Ilmuwan bernama lengkap Abu Abdillah Muhammad bin Jabir bin Sinan Al-Harrani Ar-Raqqi As-shabi itu telah menciptakan berbagai peralatan astronomi. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah Teropong Al-Battani dan buku Az-zhaij As-Shabi.

  1. Al Jazari

Menurut catatan sejarah, robot diciptakan pertama kali oleh seorang Ilmuwan Muslim. Dia adalah Abu Al-Iz bin Ismail bin Al-Razaz Al-Jazari atau yang lebih dikenal Al-jazari. Semasa hidupnya, Al-Jazari telah banyak menciptakan benda-benda otomatis, seperti jam, air mancur, hingga mesin penyedot air.

Namun sayang begitu banyaknya ilmuan islamyang banyak di bungkam dari karya-karya yang kurang  diekspose di seluruh dunia ini yang notabena berbanding terbalikdengan para ilmuan barat yang kental identiknya dengan negara-negara barat mayoritas yahudi.

Baca juga:

Apakah Hakim Dapat mengisi Kekosongan Hukum? Begini penafsiran Hukumnya!

Tetapi akan kekuatan iman teruatamanya bagi seorang muslim akan tanggung jawab tersebut masih terpelihara dengan baik sesuai dengan tuntutan Rosulluloh SAW melalui A-Qur’an dan Hadist Alloh SWT.

Meyakini akan kebesaran dan keagungan Alloh SWT serta memelihara akan kekasih Alloh juga turut menjadi tanggung jawab seorang Muslim tentunya.  Dengan menjaga amalan-amalan serta ajaran-ajaran sesuai syariat apa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW juga menjadi salah satu bentuk tanggung Jawab seorang Muslim dalam keilmuaan islamdengan meningkatkan kualitas kepada Alloh SWT, memperkokoh Keimanan dan tidak memicu kemaksiatan juga menjadi salah satu contoh tanggung jawab bagi seorang Muslim.

Baca juga:

Sistem Hukum dan Politik Hukum Indonesia Menggunakan sistem Hukum Apa? Ini Penjelasannya!

Sebagai ulasan tersebut guna menjadi referensi. Namun bahasan topik tersebut tidak mutlak bisa dipergunakan sebagai acuan dasar berdasarkan sumber referensi Pengantar Ilmu Agama Islam lainnya. Semoga bahasan itu menjadi rujukan referensi mengenai Tanggung Jawab Seorang Ilmuwan Muslim.(ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *