Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Peristiwa

Meriah Tradisi Sedekah Bumi di Kampung Petemon

323
×

Meriah Tradisi Sedekah Bumi di Kampung Petemon

Sebarkan artikel ini

Tradisi Sedekah Bumi

sedekah-bumi-di-kampung-petemon
Acara sedekah bumi di petilasan Mbah Goemok (Mbah Toekinah/Mbah Dhukinah) di Petemon RW 10 Kelurahan Petemon
mediamerahputih.id – Acara sedekah bumi di petilasan Mbah Goemok (Mbah Toekinah/Mbah Dhukinah) di Petemon RW 10 Kelurahan Petemon, Surabaya turut di hadiri Wali Kota Eri Cahyadi Minggu (4/6/2023).
Sedekah bumi yang sudah digelar sejak kemarin itu diisi dengan sejumlah acara, mulai dari yasinan, tahlilan, hingga khataman, dan mulai pagi hingga siang ini digelar Sedekah Bumi. Hampir semua warga di kampung itu menyaksikan dan mengikuti sedekah bumi itu, apalagi kali ini didatangi langsung oleh Wali Kota Eri, mereka tambah antusias mengikuti acara tersebut.

Baca juga:

Beri Kepastian Hukum, Perda Cagar Budaya Disempurnakan

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi mengapresiasi acara sedekah bumi yang digelar warga Kelurahan Petemon itu. Menurutnya, acara sedekah bumi ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan antar warga.

sedekah-bumi-di-kampung-petemon

 

“Saya senang melihat guyub-rukune (guyup-rukunnya) warga melalui kegiatan sedekah bumi. Kemarin sudah ada beberapa acara yang digelar dan hari ini acara sedekah bumi,” kata Wali Kota Eri Cahyadi dalam sambutannya.

Baca juga:

Gandeng Gus Miftah, Wali Kota Eri Ajak Warga Hadiri Peringatan Sumpah Pemuda di Tugu Pahlawan

 

Wali Kota Eri Cahyadi menilai bahwa sedekah bumi merupakan implementasi sebuah penghormatan untuk para pendahulu bangsa. Ia mengaku senang karena di Kota Surabaya ini masih ada warga yang terus melestarikannya.

 

“Sebuah bangsa dan warga yang baik itu yang bisa menghormati dan meneruskan jejak perjuangan pendahulunya,” ujarnya.

 

Bahkan, ia juga memuji kegotongroyongan yang ditunjukkan oleh warga setempat. Bagi dia, warga di kampung ini adalah orang-orang hebat yang mencintai adat budaya para pendahulu bangsa.

 

“Njenengan (anda) adalah orang-orang hebat yang meneruskan budaya, yang menjadi kebanggan Arek-arek Suroboyo. Tolong dijaga, jangan sampai budaya ini berhenti. Karena inilah yang menunjukan budaya Arek Suroboyo,” pesan dia.

Baca juga:

Pakar Sejarah Ungkap Surabaya adalah Kota Kelahiran Bung Karno

 

Sementara itu, Ketua Panitia Sedekah Bumi Ferry Dwi Setiawan mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Wali Kota Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Surabaya yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir di acara tersebut.

 

Bagi dia, ini adalah suatu kehormatan bagi kampungnya karena langsung dihadiri oleh orang nomor 1 di Kota Surabaya. “Jujur ini baru petama sedekah bumi di kampung kami dihadiri Wali Kota Surabaya. Kami sangat senang dan bangga bisa dihadiri Pak Wali langsung, terimakasih banyak, terimakasih banyak,” terang Ferry.

Baca juga:

Menakjubkan Nilai-nilai Pancasila Bila Ditanamkan oleh Warga

 

Menurutnya, sedekah bumi ini sudah rutin digelar oleh kampungnya setiap tahun. Makanya, dengan dihadiri Wali Kota Eri, ia semakin termotivasi untuk terus menggelar acara serupa yang lebih meriah lagi ke depannya.

 

“Jadi, kita merasa diperhatikan oleh Pak Wali, tentu ini menambah semangat dan motivasi kami sebagai panitia, sekali lagi terimakasih banyak Pak Wali,” ucapnya. (kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *