Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
NasionalPeristiwa

Pray For Semeru

151
×

Pray For Semeru

Sebarkan artikel ini

Merah Putih | SURABAYA – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan pada unggahan Instagram @lumajangsatu mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).

Erupsinya gunung Semeru,Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB. Membuat warga panik dan mulai mengungsi menyelamatkan diri.

Nampak letusan awan pekat membumbung ke arah permukiman warga. Sontak hal itu membuat panik warga. Sebagian berlarian berusaha menjauh dari luncuran awan panas tersebut.

“Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran,” terang Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan resminya.

Ia mengatakan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Warga diminta untuk menyelamatkan diri. Selain itu pihaknya juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang lebih aman.

Sebab, guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

“Kami menghimbau pada warga untuk menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru,” tandasnya.

Namun, pihaknya kini belum memgetahui jumlah korban dampak dari muntahan lahar dari Gunung Semeru tersebut. Sementara viralnya video detik-detik Semeru memuntahkan awan panas mulai ramai diperbincangkan warganet.

“Semoga Alloh melindungi rakyat Lumajang dan sekitarnya,” doa nitizen di salah satu akun Facebook.

“Semoga semua dalam lindungan Alloh Aamiin…yrb

@ akun FB Wasripa Arga “Ya alloh ,semoga saudara kita semua di sana selalu dalam lindungan alloh ,aamiin,” (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *