Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Berita Terbaru

PLN Tanam 5000 Bibit Mangrove di Teluk Pangpang Banyuwangi

419
×

PLN Tanam 5000 Bibit Mangrove di Teluk Pangpang Banyuwangi

Sebarkan artikel ini

mediamerahputih.id I BANYUWANGI – Berbagai cara melestarikan alam dan memitigasi perubahan iklim, untuk itu PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur melalui kegiatan tanggung jawab sosial melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Teluk Pangpang.

Pada aksi restorasi kawasan mangrove ini, General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Kepala Dinas ESDM Nurkholis, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah dan Kepala Bakorwil V Pemerintahan dan Pembangunan Jember Imam Hidayat.

Seperti diketahui, berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor : 188/338/KPTS/013/2020,KEE Teluk Pangpang merupakan kawasan konservasi mangrove dan cemara karena memiliki nilai ekosistem penting yang menunjang kelangsungan kehidupan dan telah ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi di Jatim.

“PLN secara konsisten terus menggiatkan upaya-upaya untuk mendukung tercapainya net zero emission sesuai dengan target pemerintah yakni pada tahun 2060. Sebelumnya kami telah menggiatkan kampanye kendaraan listrik baik secara internal maupun eksternal, lalu sekarang didukung dengan restorasi kawasan mangrove di Teluk Pangpang,” ujar Lasiran dalam sambutannya.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan menanam 15.000 Mangrove pada Hari Menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November mendatang.

“Tentunya baik acara konvoi 1300 motor listrik pada Hari Listrik Nasional ke-77 dan kegiatan menanam pohon ini merupakan kolaborasi PLN dan Pemprov Jawa Timur untuk mendukung tercapainya target energi bersih khususnya di Jawa Timur,” imbuh Lasiran.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengungkapkan pentingnya restorasi mangrove karena keiistimewaannya sebagai penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen sehingga mampu untuk berkontribusi mencegah perubahan iklim.

“Ini memang suatu upaya yang harus terus bergulir, sedekah oksigen melalui penanaman 5000 bibit Mangrove. Bu Gubernur bersama pimpinan daerah juga telah melakukan kegiatan ini di Tuban, Gresik, Probolinggo, sepanjang pesisir pantai ini akan sangat bagus untuk menjaga ekosistem laut dan habitat di dalamnya,” ucap Emil.

Upaya ini harus terus berkesinambungan, berkolaborasi antara semua pihak, pemerintah, PLN dan masyarakat. Kami bersyukur karena PLN ambil bagian untuk meningkatkan ekosistem mangrove di Jawa Timur,” imbuh Emil.

Emil menambahkan agar sinergi dan kolaborasi dengan PLN terus terjalin dalam berbagai kesempatan utamanya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Jawa Timur

Dalam kesempatan yang sama, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan token listrik gratis sebesar Rp. 300.000,- kepada 3.058 pelanggan tidak mampu di Banyuwangi.(ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *