Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
LifestylePeristiwa

Menyulap Sejarah Kota Lama menjadi Destinasi Wisata yang Menjanjikan

216
×

Menyulap Sejarah Kota Lama menjadi Destinasi Wisata yang Menjanjikan

Sebarkan artikel ini

optimalisasi cagar budaya

menyulap-kota-lama-menjadi-destinasi-wisata
Inisiatif terbaru dari Pemkot Surabaya adalah pemulihan dan optimalisasi struktur cagar budaya di Kota Lama, yang merangkum sejarah Kota Surabaya mulai dari abad ke-17 hingga ke-20 I MMP I dok pemkot
mediamerahputih.id I Kota Surabaya terus berupaya memberikan nafas baru pada pariwisata di kota Pahlawan ini dengan mengembalikan kejayaan Kota Lama Surabaya. Melalui revitalisasi, tujuan utamanya tidak hanya untuk memperkaya pengalaman pengunjung dengan sejarah dan budaya, tetapi juga untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi penduduk lokal.

Inisiatif terbaru dari Pemkot Surabaya adalah pemulihan dan optimalisasi struktur cagar budaya di Kota Lama, yang merangkum sejarah Kota Surabaya mulai dari abad ke-17 hingga ke-20.

Baca juga:

Mengenal Wisata Heritage Zona Eropa Kota Lama Surabaya mulai Direvitalisasi

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan bahwa pemulihan area ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman yang menggabungkan pendidikan dan hiburan, mengundang partisipasi aktif dari komunitas dan sektor swasta.

menyulap-kota-lama-menjadi-destinasi-wisata
Melalui revitalisasi, Kota Lama tujuan utamanya tidak hanya untuk memperkaya pengalaman pengunjung dengan sejarah dan budaya, tetapi juga untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi penduduk lokal I MMP I dok pemkot

“Kawasan Kota Lama menandai jejak peran Surabaya sebagai pusat perdagangan dan industri penting, yang diwarnai dengan kehadiran beragam etnik dan bangsa,” ujar Wali Kota Eri, Kamis (6/6/2024).

Baca juga:

Penataan Jaringan Kabel Bawah Tanah di Kota Lama

Hidayat Syah, kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata Surabaya (Disbudporapar), menambahkan bahwa revitalisasi ini termasuk pengecatan kembali bangunan cagar budaya, khususnya di zona Eropa Kota Lama. Ini dilakukan bersama beberapa dinas terkait, dengan dukungan material dari perusahaan percat AkzoNobel, menunjukkan contoh sarana pelestarian warisan yang efektif.

“Kami berharap kolaborasi ini akan terus mendukung pelestarian cagar budaya dan pada saat yang sama memajukan pariwisata dan ekonomi lokal,” kata Yudhy Aryanto, Country Commercial Head dari PT. ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia).

Baca juga:

Menang Putusan Pengadilan, Nasabah Ancam Sita Aset Bank Panin

Dengan dukungan ini, Surabaya berambisi untuk tidak hanya menjaga warisan budayanya, tetapi juga mengembangkan potensi turismenya, yang diharapkan akan menghasilkan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan ekonomi setempat.(kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *