Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Berita Terbaru

Wali Kota Eri Cahyadi Ingatkan Lagi, Jangan Buang Rumen di Sungai

362
×

Wali Kota Eri Cahyadi Ingatkan Lagi, Jangan Buang Rumen di Sungai

Sebarkan artikel ini

Merah Putih I SURABAYA – Di moment lebaran Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7/2022) warga Kota Surabaya merayakannya dengan berkurban dan saling berbagi sesama. Begitu pula dengan Wali Kota Eri Cahyadi, juga turut berkurban di Kantor Tim Penggerak PKK Surabaya, Senin (11/7/2022).

Saat meninjau penyembelihan bersama Ketua TP PKK Surabaya, Rini Indriyani, Wali Kota Eri Cahyadi berpesan kepada seluruh warganya, bagi yang menyembelih hewan kurban untuk tidak membuang atau mencuci rumen (organ lambung hewan kurban) di sungai.

Tentu ketika mencuci di sungai sangat tidak higienis, selain itu juga menyebabkan bau tidak sedap yang mencemari aliran sungai.

“Saya berharap masyarakat tidak membuang dan mencuci rumen atau jeroan itu (hewan kurban) ya di sungai. Bagi yang hari ini masih ada yang menyembelih, tolong jangan cuci jeroannya di sungai, dijaga kebersihannya,” katanya.

Ia berharap, di momen Idul Adha ini menjadi kesempatan untuk saling berbagi dan saling menjaga, terutama soal lingkungan. Hal ini menyusul pada Minggu (10/7/2022) lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya melakukan patroli memergoki beberapa warga yang mencuci dan membuang rumen di sungai.

“Jadi kalau bisa yo dijogo (dijaga) kebersihan sungai kita,” pintah Eri.

Eri juga mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya juga menyediakan layanan jasa pembuangan rumen hewan kurban. Yaitu dengan cara menelpon Call Center (CC) 112 kemudian petugas DLH Kota Surabaya akan datang menuju ke titik lokasi warga yang membutuhkan bantuan pembuangan rumen.

“Nanti dikumpulkan jadi satu, setelah itu petugas dari DLH akan mengambil itu (rumen) kemudian dibuang ke TPS, di moment lebaran Idul Adha kali ini, mari kita saling berbagi dan saling menjaga perasaan satu sama dengan lainnya,” imbuhnya.(ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *