Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Berita Terbaru

Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia UPN Salurkan Bantuan Alat Ekstraksi pada Kelompok Tani

390
×

Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia UPN Salurkan Bantuan Alat Ekstraksi pada Kelompok Tani

Sebarkan artikel ini

mediamerahputih.id I MALANG- Program Studi Teknik Kimia, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengadakan Program Pengabdian (12/10/22) di Desa Bocek – Karangploso – Malang. Salah satu kegiatan tersebut yaitu memanfaatkan tanaman serai wangi yang berada di sekitar lingkungan masyarat Desa Bocek menjadi ekstrak serai wangi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi Pestisida organik.

Sebab, selama ini Desa Bocek memiliki potensi wilayah yang cukup besar untuk melakukan kegiatan pertanian. Oleh karena itu Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia berinovasi untuk memanfaatkan tanaman serai wangi menjadi ekstrak serai wangi yang nantinya bisa diolah menjadi pestisida organik yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bocek.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia Erwan Adi, ST, PhD menjelaskan proses penggunaan alat dan perangkaian alat tersebut dimulai dengan memasukkan bahan 75% dari volume panci dengan maksimal sebeberat 2 kg kemudian ditambahkan air hingga bahan terendam namun tidak sampai penuh.

Setelahnya itu panci ditutup, sebut ia, dengan menggunakan klep dan dihubungkan dengan menara distilasi yang dilengkapi dengan kondensor untuk mengubah fase dari gas menjadi air (liquid).

Erwan menyebut kondensor dihubungkan dengan cooling water (air pendingin) dengan menggunakan selang dibagian atas dan bawah. Kemudian hasil ekstrak dari serai wangi keluar menuju gelas penampung. “Tidak hanya mengajarkan Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) bagaimana cara memanfaatkan tanaman serai wangi menjadi pestisida,”

“Kami juga memberikan modul dan video cara membuat ekstrak minyak atsiri dari tanaman serai wangi. Jadi ini kami turut membimbing mereka untuk dapat mengolah dan memanfaatkan tanaman organik di sekitar mereka menjadi pestisida organik yang ramah lingkungan,” ujar Erwan.

Hary, selaku ketua dari Badap penyuluhan pertanian mengapresiasi inovasi dan pembinaan dari Tim pengabdian masyarakat UPN yang telah bermaanfaat bagi kelompok tani pada warga sekitar (Desa Bocek – Karangploso – Malang).

“Terimakasih untuk teman – teman  Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia yang telah bersedia berbaur bersama warga desa dan memberikan materi yang cukup berharga berupa pemanfaatan tanaman serai wangi menjadi ekstrak minyak atsiri untuk pestisida organik,” tutur Hery.

“Sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya para petani di desa ini. Semoga program ini tidak berhenti sampai disini. Kami tunggu program-program selanjutnya. Semoga membawa keberkahan dan kebermanfaatan bagi semua,” pungkasnya.(jis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *