Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Berita Terbaru

LSP Pers Indonesia Serahkan 11 Sertifikat Sertifikasi Wartawan Utama

512
×

LSP Pers Indonesia Serahkan 11 Sertifikat Sertifikasi Wartawan Utama

Sebarkan artikel ini

Merah Putih I SURABAYA – Ketua LSP Pers Indonesia Heintje G. Mandagi, menyerahkan secara resmi 11 Sertifikat Kompetensi Wartawan Utama Berlogo Burung Garuda kepada 11 Pimpinan Redaksi dan Redaktur Pelaksana dan 4 Sertifikat Kompetensi diserahkan di Tulungagung, 7 Sertifikat diserahkan di Surabaya. Jumat – Sabtu (15-16 Juli 2022).

Penyerahan Sertifikat kepada 4 Asesi dilaksanakan di sela sela acara sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) kerjasama antara LSP Pers Indonesia dan Aliansi Jurnalis Tulungagung di gedung Pemkab Tulungagung yang dihadiri Bupati Tulungagung diwakili oleh asisten 1 Pemkab Tulungagung pada Jumat (15/7/2022).

Kesempatan itu, Heintje mengatakan pelaksanaan SKW di Jawa Timur  adalah pelaksanaan perdana pasca LSP Pers Indonesia mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP – RI).

“Secara hukum LSP Pers Indonesia berhak melakukan Sertifikasi Kompetensi Wartawan. LSP Pers Indonesia melaksanakan SKW pertama kali di TUK SWI Surabaya,” ungkap Heintje.

“Dengan penyerahan Sertifikat, anda dinyatakan kompeten dengan  skema Wartawan Utama. Sertifikat yang diterima harus bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Heintje.

Setelah sosialisasi dilaksanakan, dilanjutkan Sertifikasi Kompetensi Wartawan di TUK SWI Tulungagung di kantor AJT dengan skema Wartawan Madya dan Utama dengan asesor Ketua LSP Pers Indonesia, Heintje Mandagi  dan  Asesor di Jawa Timur Dedik Sugianto.

Usai kegiatan di Tulungagung, pada Sabtu (16/7/2020) Heintje Mandagi di dampingi Ketua Perwakilan LSP Pers Indonesia di Jawa Timur Dedik Sugianto menghadiri penyerahan Sertifikat Kompetensi Wartawan Utama kepada 7 orang.

“Dengan diterbitkan Sertifikasi Kompetensi ini, menandakan negara melalui BNSP mengakui kompeten saudara di bidang Pers. Selamat bagi Asesi yang telah menerima Sertifikat,” tutur Heintje.

Perlu diketahui, 11 Asesi yang menerima Sertifikat Kompetensi di Tulungagung dan Surabaya, adalah mereka yang sudah mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan Utama dan dinyatakan kompeten yang dilaksanakan LSP Pers Indonesia di TUK SWI Surabaya Jawa Timur jalan Kedung Anyar 7/50 Surabaya pada tanggal 31 Mei dan 27 Juni 2022 lalu.

Ketua LSP Pers Indonesia Heintje G. Mandagi menyerahkan Sertifikat Kompetensi Wartawan Utama Berlogo Garuda berLisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP RI) kepada Pemred MEDIAMERAHPUTIH.ID, Antonius Andika usai mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan Utama dan dinyatakan kompeten yang dilaksanakan LSP Pers Indonesia di TUK SWI Surabaya Jawa Timur pada 31 Mei 2022 lalu I MMP dok

Adapun dari 11 Wartawan yang mendapat Sertifikat itu adalah Gatot Irawan, Abdur Rachman, Antonius Andika Widya Hartono, Anto Susanto, Catur Santoso, Rizal Diansyah Soesanto, Siswoyo, Siti Nur Kholifah, Hariyanto, Iswahyudi, dan Lilik Abdi Kusuma.

Salah satu yang mendapatkan Sertifikat Kompetensi adalah Pemimpin Redaksi mediamerahputih.id, Antonius Andika Widya Hartono mengatakan bangga setelah melampaui serangkaian Sertifikasi kompetensi Wartawan dan Uji Kompetensi Wartawan (SKW-UKW) Utama yang penuh dedikasi dan integritas tersebut sehingga ia berhak mendapatkan Sertifikat dan dinyatakan Kompeten sebagai Wartawan Utama dari Lembaga BNSP RI.

“Satu satunya Lembaga Negara yang berhak mengeluarkan Sertifikat Kompetensi Profesi adalah BNSP. Maka dengan pertimbangan itu, saya ikut sertifikasi Kompetensi Wartawan Utama yang digelar LSP Pers Indonesia dengan berLisensi Negara melalui BNSP, Siapa nanti yang tidak mengakui Sertifikat berlambang Garuda (Negara) itu artinya apa?” sindir Anton sapaan lekat dari Antonius Andika tersebut.

Menurutnya, setelah diterbitkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP melalui LSP Pers Indonesia ini. Maka, menandakan Sistem Sertifikasi Kompetensi Nasional Bidang Pers telah berjalan dengan benar, karena sesuai dengan UU dan peraturan hanya BNSP melalui LSP Pers Indonesia juga dukungan Menkominfo RI, yang telah terverifikasi Negara berhak mengeluarkan Sertifikasi Kompetensi di Indonesia.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *