Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Peristiwa

Peringati HPSN 2024, Ribuan Pegawai Pemkot Surabaya Kerja Bakti Massal di Kalimas Timur

170
×

Peringati HPSN 2024, Ribuan Pegawai Pemkot Surabaya Kerja Bakti Massal di Kalimas Timur

Sebarkan artikel ini
hpsn-2024-ribuan-pegawai-pemkot-kerja-bakti
Pimpin kerja bakti massal di Kalimas Timur, Wali Kota Eri gerakkan ribuan pegawai Pemkot Surabaya, Nyamplungan, Pabean Cantikan, Minggu (25/2) pagi I MMP I dok Pemkot
mediamerahputih.id – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, ribuan pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengikuti kerja bakti massal yang dipusatkan di sepanjang Jalan Kalimas Timur, Nyamplungan, Pabean Cantikan, Minggu (25/2/2024) pagi.

Kerja bakti yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB tersebut, dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kerja bakti dimulai dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang Jalan Kalimas Timur. Selain itu, perantingan pohon dan pengecatan pagar pembatas sungai, juga tak luput dari sasaran.

Baca juga:

3 Pelaku Teror Bom Bondet Rumah Ketua KPPS di Pamekasan Bermotif Dendam

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, kerja bakti di kawasan Ampel dimulai dari Semampir, KH Mas Mansyur, Kalimas Udik, hingga Pasar Pabean. Kawasan ini merupakan bagian dari kota lama Surabaya yang memiliki nilai-nilai sejarah.

hpsn-2024-ribuan-pegawai-pemkot-kerja-bakti

“Di sini ada Masjid Serang dan Langgar Dipo. Ini adalah tempat-tempat sejarah Kota Surabaya. Karena itu yang saya minta Langgar Dipo dan Masjid Serang juga menjadi tempat salah satu tujuan ketika (pengunjung) datang ke kota lama yang ada di kawasan Ampel,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, usai memimpin kerja bakti massal.

Baca juga:

Waduh..! 63 Ton Sampah Hasil Kerja Bakti Bersama di Sungai Kalimas

Dengan kerja bakti ini, Eri berharap, kawasan Ampel tampak bersih dan rapi. Sehingga dapat mendukung dalam pergerakan ekonomi masyarakat. Karena itu, perbaikan dan penataan juga dikoordinasikan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

“Saya matur nuwun (terima kasih) kepada semua tokoh masyarakat yang ada di kawasan Ampel, seluruh RT dan RW yang terus berjibaku dan menggerakkan bersama,” ungkap Cak Eri, panggilan lekatnya.

Selain memimpin kerja bakti massal, ia bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemkot, juga berkeliling menyusuri gang-gang di Jalan Panggung, Jalan Pabean hingga Kalimas Udik.

Dalam kesempatan ini, Cak Eri ingin memastikan langsung tidak ada kampung wilayah Kelurahan Nyamplungan yang tak memiliki Penerangan Jalan Umum (PJU). Di sisi lain, ia sekaligus ingin mengecek kondisi saluran, paving, dan kebersihan lingkungan.

Baca juga:

Desain Kalimas Bakal Diubah Lebih Ciamik

“Karena di tahun 2024 ini, kita concern di dalam perkampungan-perkampungan yang terkait dengan saluran, PJU, juga terkait dengan paving,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Dedik Irianto menjelaskan, agenda kerja bakti ini merupakan salah satu dari beberapa event yang digelar dalam rangka HPSN 2024.

“Sasaran yang pertama adalah sampah-sampah di jalan, saluran dan perantingan pohon-pohon. Terutama pohon-pohon yang menutupi PJU, supaya terang,” terang Dedik Irianto.

Di samping itu, Dedik juga menerangkan bahwa kerja bakti ini juga sejalan dengan rencana penataan kota lama di kawasan wisata religi Ampel yang identik dengan arab dan pecinan.

Baca juga:

Mengenal Wisata Heritage Zona Eropa Kota Lama Surabaya mulai Direvitalisasi

“Kemudian yang di sisi di (kawasan) Eropa, ada sungai dan dermaganya yang nanti ada wisata air. Makanya sasaran kita hari ini juga sungai di sepanjang kota lama,” jelas dia.

Untuk mendukung kerja bakti ini, Pemkot Surabaya mengerahkan 6 unit dump truk, 3 alat berat, dan beberapa perahu karet untuk menyisir sungai. Hingga pukul 10.00 WIB, tercatat, ada sekitar 20 dump truk yang sudah mengangkut sampah hasil kerja bakti menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Yang sudah berjalan (hingga pukul 10.00 WIB), ada 20 dump truk yang sudah mengarah ke TPA. 1 dump truk (kapasitas) sekitar 6 kubik,” pungkasnya. (kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *