Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
PolitikNasional

Agung Budi DPR Ingatkan Polisi RW Harus Hati-hati Jalankan Tugasnya

242
×

Agung Budi DPR Ingatkan Polisi RW Harus Hati-hati Jalankan Tugasnya

Sebarkan artikel ini

Polisi RW ditengah masyarakat

polisi-rw-harus-hati-hati-jalankan-tugas
Ilustrasi Polisi RW
mediamerahputih.id – Anggota Komisi III DPR RI Agung Budi Santoso mengapresiasi inovasi dengan kebijakan dari Polri yang menghadirkan Polisi RW. Menurutnya, kehadiran Polisi RW yang berada di luar struktur Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) ini dapat langsung terjun ke masyarakat.

Namun ia juga mengingatkan agar keberadaan Polisi RW ditengah masyarakat harus hati-hati dalam menjalankan tugasnya agar tidak mencederai cita-cita yang baik dari institusi Polri kepada masyarakat.

polisi-rw-harus-hati-hati-jalankan-tugas
ilustrasi Polisi RW

“Dalam prosesnya di lapangan nanti, kita harapkan para personel Polisi RW ini berhati-hati dalam menjalankan tugas dengan sesuai koridor hukum dan HAM. Artinya, jangan sampai terjadi penyelewengan yang justru mencoreng nama Polri pada mata masyarakat,” tutur Agung dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/5/2023).

Baca juga: Anggota DPR Sebut Wacana Pembelian Elpiji 3 Kg Pakai MyPertamina Tanpa Kajian yang Cukup

Menurut Politisi Partai Demokrat itu, Polisi RW ini akan sering berhubungan dengan masyarakat. Jadi, lanjut ia, para polisi ini harus betul-betul bisa menjaga marwah Polri.

“Jangan justru mencoreng reputasi Polri yang saat ini tengah membaik. Bravo-bravo Polri!,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran mengatakan program Polisi RW untuk diterapkan di seluruh Indonesia. Dia membeberkan bahwa penerapan Polisi RW secara nasional itu merupakan instruksi langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Top Pergelaran Formula E Sukseskan Citra Positif Indonesia

Fadil mengaku seluruh Polda telah memiliki proyek pilot untuk program Polisi RW tersebut. yang telah standarisasi diberlakukan ketika program ini telah menemukan bentuk atau modelnya.

“Untuk Polisi RW sudah menjadi perintah dan kebijaksanaan Bapak Kapolri untuk kita terapkan secara bertahap di seluruh Indonesia,” ungkap Fadil dikutip cnnindonesia usai Apel Pembentukan dan Pelantikan Polisi RW (Polisi Jaga Warga) di lapangan Balai Kota Yogyakarta, Rabu (17/5).

Baca juga: Pemerintah Harus Antisipasi Jeratan Ancaman Krisis Pangan

Berdalih Pengalihan Subsidi untuk Bantuan Tepat Sasaran, Pemerintah Naikan Harga Pertalite Rp 10.000

Dalam menjalankan tugasnya, sebut  Fadli, Polisi RW akan ditempatkan di setiap wilayah dan diharapkan dapat mencegah gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat alias Kamtibmas. Dalam bekerja, kata dia, Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat.(rdn/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *