Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
Berita Terbaru

Mahasiswa UPN Sosialisasikan Pembuatan Edible Coating untuk Cegah Tomat Cepat Busuk

357
×

Mahasiswa UPN Sosialisasikan Pembuatan Edible Coating untuk Cegah Tomat Cepat Busuk

Sebarkan artikel ini

mediamerahputih.id I BATU – Mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur mensosialisasikan pembuatan edible coating untuk memperpanjang umur simpan buah tomat di desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan untuk mengedukasi kelompok Ibu-Ibu Dasawisma, Selasa (29/11/2022) lalu.

Pelatihan itu berdasarkan survey lokasi, sebelumnya telah dilakukan para mahasiswa Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur. Mereka menemukan bahwa Desa Giripurno menghasilkan banyak tanaman buah dan sayur. Namun minimnya perlakuan pasca panen oleh para petani, membuat buah dan sayur yang dihasilkan cepat membusuk.

Sehingga pembeli utamanya Ibu-Ibu Dasawisma Giripurno hanya dapat menyimpan. Mahasiswa akhirnya berinisiatif membuat edible coating yang dapat memperpanjang masa simpan dari buah dan sayur, khususnya buah tomat.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 26 peserta yang berjalan cukup baik dan lancar. Para peserta mengikuti kegiatan itu dengan antusias. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada tim Bina Desa Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur dan berinisiatif untuk mencatat langkah-langkah serta hal-hal penting mengenai edible coating.

Diah, yang merupakan Ketua Dasawisma Dusun Krajan Desa Giripurno, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pelatihan ini sangat bermanfaat baginya terlebih dapat mempraktikan menyimpan sayur di rumah lebih lama tanpa mengkhawatirkan membusuk pada buah dan sayur.

“Saya merasa pelatihan pembuatan edible coating ini sangat bermanfaat untuk ibu-ibu dirumah yang dapat menyimpan sayuran serta buah-buahan menjadi lebih lama dari yang biasanya serta membuat buah menjadi  lebih glowing,” katanya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *