Scroll untuk baca artikel
Iklan MMI
Iklan MMI
NasionalPolitik

Pasangan Anies-Muhaimin Berlatar Keturunan Pejuang Kemerdekaan

517
×

Pasangan Anies-Muhaimin Berlatar Keturunan Pejuang Kemerdekaan

Sebarkan artikel ini

Duet dari santri untuk negeri

anies-muhaimin-berlatar-keturunan-pejuang
pasangan Anies Baswedan– Muhaimin Iskandar (AMIN) telah mendeklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023 didampingi Ketum Partai Nasdem Surya Paloh I MMP I dok
mediamerahputih.id I Surabaya – Bakal calon presiden dan Bakal calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau pasangan Anies – Muhaimin (AMIN) telah mendeklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023. Adapun kesamaan dari pasangan Anies-Muhaimin yakni keduanya sama-sama keturunan para pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Kakeknya Muhaimin diketahui pendiri Republik Indonesia. Sementara Kakek dari Anies Baswedan salah satu pendiri Indonesia.

anies-muhaimin-berlatar-keturunan-pejuang

Baca juga:

Apel Siaga Perubahan, Anies Serukan Pendukung Kompak Bergerak Menyongsong Perubahan

“Kakeknya Muhaimin ini pendiri Republik Indonesia. Kakeknya Anies Baswedan pendiri Indonesia,” katan Syahganda Nainggolan menilai sosok Capres-Cawapres Anies-Muhaimin dikutip KBA News dari YouTube tvOne, Senin, (4/9/2023).

Menurut Mantan Aktivis Orde Baru ini, ), visi dan misi Anies Baswedan dan Muhaimin juga sama. Yakni meneruskan semangat para pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Almamater Institut Teknologi Bandung (ITB) mengamati pidato Muhaimin Iskandan dan Anes Baswedan saat deklarasi di Surabaya, Sabtu 2 September kemarin keduanya menghubungkan histori Founding Fathers dengan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga:

Muhaimin Iskandar : Pers Indonesia Memegang Peranan Sangat Penting Mengawal Pembangunan Bangsa

“Saya baca penuh pidatonya Pak Muhaimin dan Anies Baswedan (di Surabaya) itu mereka mau terhubung dengan Founding Fathers itu dengan kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengaku senang atas deklarasi itu. Dia terlihat tak bisa menyembunyikan lagi kebahagiaannya.

Ahmad Ali meluapkan kegembiraan bersama Anies Baswedan dan beberapa orang lainnya pasca deklarasi.

Dia menuturkan setelah deklarasi menjadi titik start untuk arungi kebersamaan. Ali mendoakan agar bacapres Anies dan bacawapres Muhaimin Iskandar atau disapa Cak Imin menjadi takdir untuk memimpin Republik Indonesia.

Dia berharap di bawah pimpinan Anies dan Cak Imin melaksanakan dan dapat menunaikkan janji-janjinya kepada rakyat Indonesia.

Baca juga:

Hadiri Rakernas Apeksi 2023, Anies Tawarkan Gagasan 4 Prinsip Kota Masa Depan

“Insya Allah, mereka ditakdirkan untuk memimpin republik ini sehingga bangsa ini segera melunasi janji nya kepada rakyat indonesia, AMIIN,” katanya.

Sebelumnya, Hotel Majapahit yang dipilih menjadi tempat deklarasi pasangan Anies Baswedan dan  Muhaimin Iskandar memiliki sejarah panjang perjuangan Bangsa Indonesia.

Hotel Yamoto (saat ini bernama Hotel Majapahit) itu berada di kawasan jalan Tunjungan, Kecamatan Genteng, Surabaya itu juga merupakan salah satu ikon penting di Kota Pahlawan Surabaya Hotel bersejarah itu turut menjadi saksi sejarah Deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Hotel yang pertama kali didirikan pada tahun 1910 dengan nama Oranje Hotel oleh Sarkies bersaudara itu menjadi lokasi terjadinya perobekan bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih Indonesia, berkat keberanian arek-arek Suroboyo.

Mereka diprediksi akan mampu mendulang suara di pesta demokrasi lima tahunan nanti. Salah satu alasannya karena mereka sama-sama memiliki darah keturunan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Pejuang Kakek Anies – Muhaimin

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada AR Baswedan (2018) Anies Baswedan sebagai cucunya mengapresiasi serta berterima kasih kepada Presiden dan masyarakat atas gelar tersebut.

Seperti diketahui AR Baswedan merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. AR Baswedan pernah menjabat Wakil Menteri Muda Penerangan RI Kabinet Sjahari, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat atau BP-KNIP, anggota Parlemen, serta anggota Dewan Konstituante.

Baca juga:

MK Melarang Penggunaan Tempat Ibadah untuk Ajang Kampanye

Sementara ulama NU, KH Bisri Syansuri pada hari santri tahun 2017 lalu telah dinobatkan sebagai Pahlawan Santri dalam Penganugrahan Santri of The Year 2017.

Sosok KH Bisri sendiri merupakan Pendiri Pondok Pesantren Denanyar, Jombang. Ia merupakan kakek dari Muhaimin Iskandar. Penghargaan Pahlawan Santri itu diberikan oleh Pengasuh Ponpes Darul Muttaqien, Bogor, KH Matrajo kepada anak almarhum yakni Hj Muhassonah Hasbullah, mewakili keluarga yang juga ibunda dari Muhaimin Iskandar.

Penghargaan itu diberikan karena KH Bisri dinilai tokoh yang Indonesia yang berada di garda terdepan saat melawan penjajahan. Saat itu pada awal tahun 2023 lalu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang menyatakan mendukung agar KH Bisri menjadi Pahlawan Nasional.(kba/mmp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *