Perlu Modernisasi Alutsista di Koarmada II Surabaya


Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto memimpin pertemuan Tim kunspek Komisi I DPR RI dengan Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto beserta jajarannya di KRI Dewaruci, Koarmada II Surabaya | setwan dpr.

Merah Putih | SURABAYA - Alutsista sangat penting karena sebagai salah satu unsur pembentuk kekuatan militer sebuah negara. Tentu modernisasi alutsista menjadi sangat penting yang harus armada laut yang kuat.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto mengatakan perlu mendorong dilakukan peremajaan alutsista milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) Koarmada II Surabaya.

Sebab, kesedian armada yang ada seperti  kapal-kapal sudah dimakan usia itu harus diremajakan. Artinya diganti dengan yang baru.

"Kalaupun belum bisa diganti, yang ada harus dirawat dengan baik sehingga layak untuk beroperasi," ungkap Anton usai memimpin pertemuan Tim kunspek Komisi I DPR RI dengan Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto beserta jajarannya di KRI Dewaruci, Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021).

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, Komisi I DPR RI akan mendukung penuh terkait anggaran yang dibutuhkan oleh Koarmada II Surabaya dalam modernisasi alutsista.

Menurutnya, Koarmada II Surabaya memiliki tugas pokok sebagai Kotama Operasi yang pada dasarnya untuk menjaga pertahanan dan keamanan teritorial laut Republik Indonesia.

"Bangsa yang besar ialah bangsa yang memiliki armada laut yang kuat. Dalam hal ini, kami (Komisi I DPR RI) akan memperjuangkan berapapun anggarannya. Kami siap membantu terkait anggaran untuk modernisasi alutsita Kormada II Surabaya," jelas ia.

Sementara, anggota Komisi I DPR RI Sukamta pun menegaskan agar peremajaan dan modernisasi alutsisa Koarmada II Surabaya harus memjadi perhatian serius untuk dilakukan perbaikan, bukan hanya perawatan namun peremajaan.

"Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto telah menyampaikan beberapa kebutuhan yang diperlukan dan mendesak, hingga yang perlu segera dipenuhi. Nah kita juga berharap kedepannya ini ada perbaikan alutsista," ujarnya.

Seperti adanya tambahan kapal yang serius. Mudah-mudahan peralatan yang dibeli oleh Kementerian Pertahanan sifatnya tak hanya peremajaan tetapi juga modernisasi, bukan hanya membeli alat yang tua," imbuh Sukamta.(red)