KKN Mahasiswa UPN Jatim

Mahasiswa UPN Jawa Timur Bantu Revitalisasi Mural Warga Purwotengah


Mahasiswa UPN Jawa Timur bersama warga melakukan revitalisasi kampung mural yang keadaan cat warna mulai memudar. Kegiatan merupakan program KKN mahasiswa di kelurahan Purwotengah, Mojokerto | MMP | dok UPN.

Merah Putih | MOJOKERTO - Ditengah masa pandemi bersamaan diberlakukannya PPKM Darurat oleh pemerintah Indonesia. Memantik mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur untuk mengabdi pada masyarakat dalam pengembangan kampung mural sebagai salah satu objek wisata di Kelurahan Purwotengah, Mojokerto.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2021 yang tetap melaksanakan protokol Kesehatan (Prokes) itu mendapat apresiasi dari warga setempat. Dengan mengusung memiliki tema “Pengembangan Potensi Pariwisata Lokal dan Penguatan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi COVID-19”. Sehingga, harapannya mahasiswa mampu memenuhi tri dharma perguruan tinggi yaitu salah satunya pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan KKN Tematik kali ini juga untuk pengembangan wisata lokal dan ekonomi kreatif di setiap wilayah sasaran kegiatan KKN UPN “Veteran” Jawa Timur.

Salah satu kelompok KKN Tematik kali ini adalah kelompok 03 yang melaksakan kegiatannya di Kelurahan Purwotengah, Kota Mojokerto. Beranggotakan 30 orang, rata-rata anggota kelompok 03 berasal dari luar kota. Karena, diberlakukannya PPKM Darurat dan juga himbauan dari kampus untuk membatasi kegiatan luring, jadi hanya beberapa anggota yang melakukan survey dan kegiatan yang memang harus luring, sisanya membantu kegiatan dengan sistem daring.

Kelompok 03 bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Erwan Adi Saputra, S.T., M.T. dan juga Ketua Kelompok 03 yang dijabat oleh Khasan Fadli, bersama sama sepakat untuk memajukan kampung mural sebagai salah satu objek wisata Kelurahan Purwotengah.

Seperti diketahui, sejarah singkat mengenai sebutan kampung mural ini didapat pada bulan Oktober tahun 2017 lalu. Mural tersebut menghiasi hampir 200 meter di tiga gang sempit, mulai dari gang 2, 3, dan 4. Bukan hanya sekedar gambar semata, namun mural di Kelurahan Purwotengah ini juga banyak mengandung pesan penting bagi warganya.

Seperti untuk selalu menjaga kebersihan, giat belajar, bahkan banyak terpampang gambar tokoh pahlawan Indonesia seperti gambar Proklamator Indonesia, Ir Soekarno. Namun saat ini warna cat dari mural tersebut mulai pudar, sehingga mendorong kelompok 03 bergerak untuk melakukan revitalisasi.

Ketua kelompok 03 berpendapat bahwa “Dengan dilakukannya retivalisasi kami berharap setelah pandemi nanti, mural yang ada di Kelurahan Purwotengah bisa menarik perhatian warga Mojokerto dan juga siapapun yang ingin berswafoto ataupun mengunjungi Kelurahan Purwotengah. Secara tidak langusng, dengan menarik massa dari luwar, juga mempromosikan kegiatan ekonomi kreatif di Kelurahan Purwotengah” kata ketua kelompok 03, Khassan Fadli.

Setelah mendapat ijin dari Rifa’I selaku Kepala Kelurahan, kegiatan revitalisasi mural itu mulai ,Sabtu-Minggu (17-18 Juli). Pihaknya juga dibantu Yulianto sebagai Ketua Karang Taruna dan juga beberapa anggota lainnya.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari pihak kelurahan dan warga sekitar.

“Terimakasih ya teman teman KKN dari UPN sudah mau mengadakan revitalisasi mural. Sudah beberapa tahun mural disini tidak tidak ada yang merawat” kata Rifa’I Lurah Purwotengah.

Walaupun kelompok 03 tidak mampu merevitalisasi semua mural yang ada, setidaknya kami juga telah membuka semangat bagi warga Kelurahan Purwotengah untuk tetap menjaga salah satu objek wisata mereka.

"Dan semoga dapat bermanfaat untuk kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kelurahan Purwotengah," pungkasnya.(red)