Pakar : Terlalu Dini Menilai Kinerja Eri Cahyadi-Armudji


Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berdasarkan hasil survei yang dilakukan mahasiswa Magister Manajemen Universitas Airlangga, menunjukan 80 persen warga puas dengan kinerja Eri Cahyadi-Armudji di 100 hari pertama.(MMP/dok)

Merah Putih | SURABAYA - Hasil survei persepsi publik yang dilakukan mahasiswa Magister Manajemen Universitas Airlangga (Unair) menunjukan 80 persen warga Surabaya mengaku puas dengan kinerja 100 hari pertama pemerintahan Wali kota dan Wakil Wali kota Eri Cahyadi-Armudji.

Penelitian itu dilakukan sebagai indikator dalam 100 hari pemerintahan Eri Cahyadi-Armuji. Seperti penanganan pandemi, penyediaan lapangan pekerjaan, kemudahan transportasi publik dan agenda publik penting lainnya.

Peneliti dan Pakar Hukum Tata Negara Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Hananto Widodo mengatakan, masih terlalu dini untuk dapat menilai kinerja Eri Cahyadi-Armudji. Sebab, Hananto merasa di 100 hari pertama kinerja Eri Cahyadi ini hanya terobosan seputar kenaikan honor bagi RT/RW.

"Saya kira belum ada gebrakan kecuali kenaikan gaji RT/RW saja. Belum nampak, kebijakannya hanya gaji RT/RW," kata Hananto.

"Dan masih terlalu dini mas, karena belum bisa diukur sekarang ini," imbuhnya.

Menurut Hananto, bila menilai kinerja saat ini, tentu pengendalian covid-19 masih dikatakan belum berhasil dan masih pada titik zona oranye di Surabaya.

Meski begitu, ungkap Hananto, masa pandemi ini kota/kabupaten seakan benar-benar tidak bisa berkreasi banyak. Karena semua kebijakan tergantung Pemerintah pusat.

"Jadi dalam hal ini ya tidak bisa disalahkan juga," jelas Ketua Pusat Kajian Hukum dan Pembangunan Unesa Surabaya ini.

Sebelumnya, mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Angkatan 55/AP telah melakukan penelitian terkait 100 hari kinerja Eri Cahyadi-Armudji.

Survei dilaksanakan pada 15-25 Mei 2021, dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan 100 responden. Margin of error sebesar kurang lebih 4 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Dalam survei tersebut didapat 80 persen warga Surabaya mengaku puas dengan kinerja 100 hari Eri Cahyadi-Armudji.(ton)